Rabu, 25 Januari 2017

Sejarah Nusantara

PerpusDN. Koleksi buku: Sejarah Nusantara; The malay Archipelago, karya Alfred Russel Wallace. Penerbit Indoliterasi Yogyakarta, cetakan I 2015. iv + 856 halaman, 15 x 23 cm. Jumlah 1 eksplar.



PerpusDN. Koleksi buku: Sejarah Nusantara;
The malay Archipelago, karya Alfred Russel Wallace
(Foto buku: Darmawan Denassa)
Buku ini memuat perjalanan naturalis ternama asal Inggris Alfred Russel Wallace, yang kemudian akrab kita kenal dengan panggil Wallace. Wallace adalah ahli biologi, antropolog, geografi, dan sosial. Lahir pada tangga 8 Januari 1823. Banyak melakukan penelitian lapangan, pertama-tama di basin Sungai Amazon dan kemudian di Kepulauan Melayu (Nusantara), di mana ia mengidentifikasi pembagian fauna yang sekarang dikenal dengan istilah Garis Wallace. Garis tersebut membagi kepulauan Indonesia menjadi dua bagian yang berbeda: bagian barat di mana sebagian besar faunanya berasal dari Asia, dan bagian timur di mana faunanya mencerminkan Australasia.

Dikenal dengan julukan bapak biogeografi karena pengakuan dunia kepadanya sebagai ahli terkemuka abad ke-19 dalam bidang penyebaran geografis spesies hewan. Kisah perjalanannya di nusantara dari Singapura hingga Papua dapat ditemukan dalam buku ini. Sebuah buku penting yang ia tulis enam tahun setelah pulang ke Inggris. (Darmawan Denassa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar